Vegetarian Food Festival

Posted by: Mardi  /  Category: Vegetarian Events

Banyaknya bencana alam yang terjadi di dunia ini, tidak terlepas dari perilaku manusia yang merusak alam serta pola hidup yang tidak ramah lingkungan.

Melalui Vegetarian Food Festival “Hidup Sehat dengan Bervegetarian” yang diselenggarakan pada tanggal 14 Juni 2009 di The Golf, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mengajak semua manusia untuk peduli terhadap kelestarian bumi dan kelangsungan hidup manusia di dalamnya. Dengan cintah kasih, kita secara langsung berpartisipasi dalam mengurangi penderitaan semua makhluk hidup.

vegetarian%20food%20festival%20tzu%20chi
Festival yang berlangsung meriah ini melibatkan 119 stan yang menawarkan berbagai macam produk vegetarian. Relawan Tzu Chi dari berbagai kantor perwakilan pun turut serta berpartisipasi dan menyediakan makanan khas daerah yang mereka miliki.

Tzu Chi Makassar misalnya, mereka menyediakan coto Makassar. Tzu Chi Bandung menyediakan sate, beras hitam, kue talas, kacang, dan mede Bandung. Tzu Chi Padang menyediakan sate Padang, kripik singkong, talas, dan sukun. Tzu Chi Lampung menyediakan pisang dan kopi Lampung. Tzu Chi Medan menyediakan kopi, air tahu, bakpao, roti, kacang, dan bumbu pecel. Tzu Chi Singkawang menyediakan rujak Singkawang. Tzu Chi Yogyakarta menyediakan gudeg dan salak pondoh. Relawan Tzu Chi dari Karawang menyediakan pisang goreng, kue semprong, dan muaci. Tzu Chi Batam menyediakan beragam kue kering. Bahkan, dua relawan Tzu Chi dari Taiwan juga berkesempatan hadir dan menyediakan produk teri vegetarian, bahan makanan vegetarian, permen kacang, dan sushi vegetarian.

vegetarian%20food%20festival%20tzu%20chi
Tepat pukul 09.00 pagi, Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Liu Su Mei, secara resmi membuka Vegetarian Food Festival ini dengan cara memukul gong sebanyak tiga kali. Gong ini kemudian terus berbunyi silih berganti saat ada relawan, donatur, dan masyarakat umum yang berminat berdana dengan cara memukul gong.

Terdapat sebuah stan dengan keunikannya menarik perhatian para pengunjung yang datang. Stan ini adalah stan dari SMP Negeri 3 Parungpanjang, Bogor. Bekerjasama dengan Tzu Chi Perwakilan Sinarmas, murid-murid SMP Negeri 3 di bawah koordinasi guru kesenian mereka, Tarono mengubah bahan-bahan hasil alam seperti sabuk kelapa, menjadi barang-barang yang berguna dan bercita rasa seni yang tinggi. Tidak kalah dengan hasil para pengrajin yang sudah profesional.

“Semua berawal dari kompos organik yang ditawarkan oleh Tzu Chi Perwakilan Sinarmas. Sekarang kami pun mendapatkan pemberdayaan untuk memanfaatkan hasil alam yang terbuang,” kata Tarono menjelaskan. Beragam produk ditawarkan dalam Vegetarian Food Festival tahun ini, dan semuanya bertujuan untuk menggugah setiap orang untuk menjaga lingkungan dan peduli terhadap semua makhluk hidup. Semoga kepedulian dan cinta kasih kita dapat terus berkembang, sehinggga masyarakat damai dan sejahtera, serta dunia terbebas dari bencana.

Dikutip/Disarikan dari: website Tzu Chi Indonesia.

  • Share/Bookmark

Tags:

Leave a Reply

Spam Protection by WP-SpamFree