Cara Vegetarian yang Benar

Posted by: Mardi  /  Category: Vegetarian Healthy, Vegetarian Indonesia, Vegetarian Reason

Cara Vegetarian yang Benar

Vegetarian adalah pilihan untuk hidup sehat dan sekarang sedang tren. Tetapi banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara menjadi vegetarian yang benar. Senin (25/1/2010) detikHealth mewawancarai saya tentang bagaimana cara mudah menjadi vegetarian dengan tetap sehat.

Berikut ini petikan wawancara tersebut:

Bagaimana cara memulai menjadi vegetarian?

Mudah sekali untuk memulai bervegetarian. Saya sarankan mulai mengurangi daging secara bertahap, agar tubuh bisa melakukan penyesuaian. Misalnya mulai mengurangi makanan daging binatang berkaki 4, kemudian berkaki 2, kemudian binatang laut, dan seterusnya.

Secara intensitas juga dikurangi bertahap, misalnya tadinya setiap hari makan daging, cobalah tidak makan daging seminggu sekali, kemudian seminggu 3 kali, dan akhirnya setiap hari tidak makan daging. Kemudian tahap lebih lanjut, kuah makanan yang ter-”cemar” daging juga tidak boleh, demikian juga minyak bekas menggoreng makanan hewani.

Usia berapa sudah bisa menjadi vegetarian?

Menurut saya usia di dalam kandungan pun boleh vegetarian, dengan catatan si ibu harus memperhatikan gizi dan nutrisi yang dikonsumsinya, dan tentunya konsultasikan dengan dokter yang mendukung vegetarian.

Apa benar jika menjadi vegetarian badan menjadi tidak bertenaga?

Tidak benar bahwa menjadi vegetarian badan jadi tidak bertenaga. Buktinya banyak atlet yang bervegetarian dan berprestasi. Orang yang bervegetarian lalu badannya jadi tidak bertenaga dapat dipastikan tidak memperhatikan pola makan dan asupan gizinya. Pemakan daging pun akan tidak bertenaga jika kekurangan gizi.

Adakah pantangan orang sakit tertentu yang tidak bisa menjadi vegetarian?

Rasanya tidak ada orang sakit tertentu yang tidak bisa bervegetarian. Karena bervegetarian justru makin sehat. Biasanya dokter justru menyarankan banyak makan sayuran jika sudah kena penyakit-penyakit berat tertentu.

Seperti apakah cara makan yang benar untuk vegetarian?

Cara yang benar adalah makanlah dengan menu yang bervariasi, seperti tahu, tempe, variasi sayuran aneka warna, variasi kacang-kacangan, variasi aneka jenis jamur, jangan terlalu sering makan gorengan, makanan bersantan, hindari telur, jangan terlalu banyak garam atau gula. Dan jangan lupa untuk minum air yang cukup dan banyak makan buah-buahan.

Apakah sulit menjadi vegetarian sementara di keluarga tidak ada yang menjadi vegetarian?

Mungkin bukan sulit, tapi agak repot jika dalam keluarga harus menyediakan makanan untuk non vegetarian dan juga menyediakan untuk yang vegetarian. Karena itu paling baik sekeluarga sama-sama vegetarian. Jika dalam keluarga hanya Anda yang vegetarian, jangan patah semangat, karena itu pertanda permulaan yang baik untuk keluarga Anda.

Repotkah menyediakan makanan vegetarian?

Makanan tradisonal kita kan banyak yang vegetarian seperti gado-gado, karedok, urap, lalapan dan lain-lain. Tapi kalau mau beli di luar juga sekarang sudah banyak di kafe, kantin, food-court atau rumah makan yang menyediakan masakan vegetarian. Saya punya daftarnya di http://www.vegetarian-guide.com/vegetarian-restaurants-indonesia

Adakah risikonya kalau menjadi vegetarian?

Risikonya tidak ada. Hanya saja berdasarkan pengalaman pribadi, kadang ada teman yang suka mencemooh kita dalam batas bergurau. Tapi itu tidak apa-apa, karena kita tahu mereka yang mencemooh itu sebenarnya tidak paham.

Apa manfaat menjadi vegetarian?

Manfaatnya banyak sekali. Dari aspek kesehatan sudah banyak penelitian menunjukkan terbukti jauh lebih sehat. Dari aspek lingkungan, sekarang para pakar lingkungan membeberkan ternyata peternakan menjadi penyumbang terbesar pemanasan global, jadi dengan bervegetarian berarti kita turut menyelamatkan bumi kita. Dengan bervegetarian kita juga lebih berpotensi terhindar dari penyakit-penyakit yang menular melalui hewan seperti penyakit sapi gila, flu burung, flu babi, flu kambing.

Bagaimana tips menjadi vegetarian yang baik, karena kondisi lingkungan kadang-kadang membuat vegetarian tidak disiplin?

Menurut saya, kalau ingin bervegetarian dengan baik, tentunya kita harus lebih sering berkomunikasi atau bersosialisasi dengan lingkungan orang-orang yang bervegetarian, sehingga ketika kita berada di lingkungan yang tidak mendukung, disiplin kita tetap terjaga. Punya teman yang sama-sama vegetarian juga sangat membantu menjaga semangat bervegetarian. Berbagilah dengan lingkungan disekitar kita info-info vegetarian, sehingga mereka menjadi tahu manfaatnya.

http://health.detik.com/read/2010/01/25/103224/1285285/775/menjadi-vegetarian-yang-benar

  • Share/Bookmark

Tags: ,

7 Responses to “Cara Vegetarian yang Benar”

  1. viola Says:

    “Rasanya tidak ada orang sakit tertentu yang tidak bisa bervegetarian” >>> sepertinya pernyataan ini tidak tepat. saya pernah menjalani vegetarian selama 6 tahun (sejak umur 17 s/d 23th), sampai pada suatu saat saya didiagnosa terkena kelainan sendi (saya lupa bahasa medisnya) dan salah satu cara untuk mempercepat penyembuhan,dokter meminta saya tuk menghentikan menjalani vegetarian dan mengharuskan saya untuk mengkonsumsi daging merah (sapi)secara rutin. karena ada suatu zat yg dibutuhkan oleh tubuh saya dan hanya bisa didapat dari daging merah (sapi).

    saya juga berkonsultasi pada seorang ahli terapi holistik dan seorang vegetarian, ternyata tidak semua orang bisa menjadi vegan.
    so, yang berencana menjadi vegan, sebaiknya konsultasi pada ahlinya..

  2. xrz Says:

    @Sdr Viola: saya rasa pola makan vegetarian anda yang belum tepat (Please read: Seperti apakah cara makan yang benar untuk vegetarian?)

    Saya sudah vegetarian 4 thn dan suami saya sudah vegetarian 10 thn (sejak dia remaja). Kami ber-2 tidak merasa ada masalah apa2.

    Dokter anda menyarankan anda makan daging sapi mungkin krn si dokter tidak mengerti suplemen pengganti untuk orang vegetarian.

    Setahu saya, ada 1 suplemen yang namanya Glucosamine. Suplemen itu baik untuk persendian. Mmg glucosamine banyak yang bukan vegetarian, tp di Australia jg sdh di-produksi Glucosamine Vegetarian.

  3. anny Says:

    sy sdh bervegetarian krg lbh 13thn dan selama 13 thn ini menu yg saya sajikan setiap harinya satu macam sup atau tumis sayur sederhana dan satu macam gorngan spt tempe, tahu, jamur tiram dll. thn kemaren sy melakukan general checkup krn merasa punggung dan leher belakang saya sering terasa kaku dan cepat capek, ternyata kolesterol sy mencapai 220, dan disarnkan utk makan makanan non minyak,sy jd bingung gmn mengolah lauk tanpa minyak spt tempe, sy sdh mencobanya tp rasanya tak enak.. ada saran??

  4. Rachma Says:

    Saya (45thn) tertarik untuk menjadi vegetarian dan baru mulai bertahap.Tujuan utama sebenarnya untuk mengurangi berat badan, karena saya pendek, 147 cm tapi berat badan 52 kg, semoga menjadi vegetarian bisa membuat saya langsing dan sehat. Tapi ada 1 masalah, saya dari dulu sudah mengalami anemia (defisiensi besi)padahal suka mengkonsumsi daging, sekarang Hb saya selalu dibawah 11, bagaimana cara menaikan Hb dengan tetap menjauhi daging … tolong sarannya ditunggu, terimakasih.
    Wassalam, Rachma

  5. maya dewi Says:

    Saya baru belajar vegan. Baru sekitar setahun ini. Masih belum murni vegan, krn msh konsumsi ikan dan telur. Rasanya koq jd tolol kalau tidak makan ikan. Kenapa ya?
    Selain itu saya sering mengeluhkan sendi? Makanan apa yang bisa membantu selain suplemen?
    Ijin share link artikel ini ke blog saya.

  6. ayu sukajaya Says:

    saya ber geteratian dr tahu 1996 dan sampai sekarang, sy d
    sedang hamil anak ke tiga masih juga vegetarian, krn itu sdh menjadi komitmen saya, kluarga mendukung..walau nsuami saya tdk vegan, ttp sy sampai saat ini ga ada masalah, tubuh saya ttp seimbang, dn saya mempunya tenaga yg cukup sehat dan kuat dlm hal apapun selaku seorang wanita.
    Bervegan haru makan yg benar2 bergisi utk tubuh..tdk mahal kok…banyk yg bisa membuat kita sehat ..dan murah lagi..ttp memang kl kita ke warung vegetarian harganya lumayan mahal sih….krn proses dr pembuatan daging nabati sangat lebih repot dari daging hewani.GO vegan yg penting sesuai dg aturan. p[asti SEHAT.

  7. putu dhani waliana Says:

    U/ Anny….tempe,tahu bisa kok diolah selain digoreng mis u/tahu: dipepes,disemur bsa jg tahu dibuat soto tahu di campur labu cina di buat bumbunya spt soto pelengkapnya sama spt soto tp ga pake kaldu dan ayam.
    u/ tempe :di pepes,dibakar dibuat pecek tempe,ato disate…banyak loh…variasinya

Leave a Reply

Spam Protection by WP-SpamFree